CTL merupakan strategi yang
melibatkan seswa secara penuh dalam proses pembelajarannya. Siswa didorong ntuk
beraktifitas mempelajari materi pelajaran sesuai dengan topik yang akan
dipelajarinya. Belajar dalam konteks CTL adalah proses pengalaman secara langsung..
A. Konsep Dasar Strategi
Pembelajaran Kontekstual
Contextual teaching and Learning (CTL)
adalah suatu strategi pembelajaran yang menekankan kepada proses keterlibatan
siswa secara penh ntuk dapat menemukan materi yang dipelajari dan
menghubungkannya dengan situasi kehidupan nyata sehingga mendorong siswa untuk
dapat menerapkannya dalam kehidupan mereka.
Ada tiga hal yang harus dipahami.
Pertama CTL menekankan kepada proses keterlibatan siswa untuk menemukan materi,
kedua CTL mendorong agar siswa dapat menemukan hubungan antara materi yang
dipelajari dengan situasi kehidupan nyata, ketiga mendorong siswa untuk dapat
menerapkan dalam kehidupan.
Terdapat lima karakteristik
penting dalam proses pembelajaran yang menggunakan pendekatan CTL.
- Pembelajaran merupakan proses pengaktifan pengetahuan yang sudah ada (activating knowledge).
- Pembelajaran ntuk memperoleh dan menambah pengetahuan baru (acquiring knowledge).
- Pemahaman pengetahuan (understanding knowledge).
- Mempraktikan pengetrahuan dan pengalaman tersebut (applying knomledge).
- Melakukan refleksi (reflecting knowledge).
B. Latar Belakang Filosofi dan
Psikologis CTL
Latar belakang
Filosofis
CTL banyak dipengarhi oleh
filsafat konstruktivisme yang mulai digagas oleh Mark Baldwin dan selanjutnya
dikembangkan oleh Jean Piaget. Piaget berpendapat, bahwa sejak kecil setiap
anak sudah memiliki struktur kognitif yang kemudian dinamakan “skema”. Skema
terbentuk karena pengalaman, dan proses penyempurnaan skema itu dinamakan
asimilasi dan semakin besar pertumbuhan anak maka skema akan semakin sempurna
yang kemudian disebut dengan proses akomodasi.
Pendapat Piaget tentang bagaimana
sebenarnya pengetahuan itu terbentuk dalam struktur kognitif anak, sangat
berpengaruh terhadap beberapa model pembelajaran, diantaranya model
pembelajaran kontekstual.. menurut pembelajaran kontekstual, pengetahuan itu
akan bermakna manakala ditemukan dan dibangun sendiri oleh siswa.
Latar
belakangPsikologis
Dipandang dari sudut psikologis,
CTL berpijak pada aliran psikologis kognitif. Menurut aliran ini proses belajar
terjadi karena pemahaman individu akan lingkungan. Belajar bukanlah peristiwa
mekanis seperti keterkaitan stimulus dan respon. Belajar melibatkan proses
mental yang tidak tampak seperti emosi, minat, motivasi, dan kemampuan atau
pengalaman.
Ada yang perlu dipahami tentang
pbelajar dalam konteks CTL.
- Belajar bukanlah menghafal, akan tetapi proses mengkontruksi pengetahuan sesuai dengan pengalaman yang mereka miliki
- Belajar bukan sekedar mengumnpulkan fakta yang lepas-lepas.
- Belajar adalah proses pemecahan masalah
- Belajar adalah proses pengalaman sendiri yang berkembang dari yang sederhana menuju yang kompleks
- Belajar pada hakikatnya adalah menangkap pengetahuan dari kenyataan.
C. Asas-Asas CTL
CTL sebagi suatu pendekatan
pembelajaran memiliki 7 asas. Asas-asas ini yang melandasi pelaksanaan proses
pembelajaran dengan menggunakan pendekatan CTL
Konstruktivisme
Adalah proses pembangunan baru
dalam struktur kognitif siswa berdasarkan pengalaman.
Inkuiri
Adalah proses pembelajaran
didasarkan pada pencarian dan penemuan melalui proses berfikir secara
sistematis. Proses inkuiri dilakukan dalam beberapa langkah:
- Merumuskan masalah
- Mengajukan hipotesis
- Mengumpulkan data
- Menguji hipnotis berdasarkan data yang ditemukan
- Membuat kesimpulan
Belajar pada hakikatnya adalah
bertanya dan menjawab pertanyaan. Bertanya dapat dipandang sebagai refleksi
dari keingintahuan setiap individu; sedangkan menjawab pertanyaan mencerminkan
kemampuan seseorang dalam berfikir.
Dalam suatu pembelajaran yang
produktif kegiatan bertanya akan sangat berguna untuk:
- Menggali informasi dan kemampuan siswa dalam penguasaan materi pelajaran
- Membangkitkan motvasi siswa untuk belajar
- Merangsang keingintahuan siswa terhadap sesuat
- Memfokuskan siswa pada suatu yang diinginkan
- Membimbing siswa untuk menemukan atau menyimpulkan sesuatu
Masyarakat Belajar (Learning
Community)
Konsep Masyarakat Belajar (Learning
Community) dalam CTL menyarankan agar hasil pembelajaran diperoleh melalui
kerjasama dengan orang lain. Dalam kelas CTL, asas ini dapat dilakukan dengan
menerapkan pembelajaran melalui kelompok belajar.
Pemodelan (Modeling)
Merupakan proses pembelajarn
dengan memperagakan sesuatu sebagai conto yang dapat ditiru oleh setiap siswa.
Refleksi (Reflection)
Merupakan proses pengendapan
pengalaman yang telah dipelajari yang dilakukan dengan cara mengurutkan kembali
kejadian-kejadian atau peristiwa pembelajaran yang telah dilalui.
Penilaian Nyata (Authentic
Assessment)
Adalah proses yang dilakukan guru
untuk mengumpulkan informasi tentang perkembangan belajar yang dilakukan siswa.
0 komentar:
Posting Komentar